Kamis, 08 Maret 2012

DOMAIN AFEKSI


DOMAIN AFEKSTIF
Dalam buku yang ditulis oleh Krathwohl, Bloom dan Masia (1973) domain efekstif didefinisikan sebagai perilaku yang berkaitan dengan emosi seperti perasaan, nilai, aprisiasi, antusiasme, motivasi dan sikap. Domain afeksi terdiri dari 5 kategori disusun dari yang sederhana ke yang rumit yang meliputi receiving (penerimaan), responding (tanggapan), valuing (penilaian), organization (pengaturan) dan Characterising (pembiasaan).

Tingkatan perilaku tersebut secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.  Perilaku Penerimaan berbentuk kesadaran, kehendak mendengarkan, dan memperhatikan. Sebuah contoh sederhana, ketika Ahmad pertama kali memperoleh informasi tentang pentingnya olah raga bagi kesehatan maka sikap yang pertama kali adalah menerima dengan perkataan “ooo begitu yah” atau sikap lain yang ditunjukkan misalnya tekun duduk manis dan tertarik mendengarkan informasi tersebut.
2.  Perilaku merespon dalam bentuk partisipasi aktif menaggapi. Di tingkat ini Ahmad mulai bertanya, mencari informasi yang lebih banyak, mempelajari dan berlatih jenis olah raga tertentu.
3.  Perilaku penilaian ditunjukkan dengan sikap mulai memberikan komentar atau pernyataan-pernyataan dan mulai mengikuti kebiasaan tertentu. Di tingkat ini Ahmad mulai berkomentar bahwa si Andi temannya memiliki kebiasaan yabng baik karena sering oalh raga. Ahmad mulai mengikuti ajakan teman atau orang tua untuk berolaharaga hari minggu karena dia meyakini bahwa olah raga itu baik.
4.  Perilaku Pengorganisasian dan konseptualisasi ditunjukkan dengan sikap mengatur diri dan memutuskan sesutu berdasarkan prioritas.  memadukan nilai sikap berikutnya adalah mengorganisasi dan konseptualisasi. Di tingkat ini Ahmad mulai memiliki konsep yang jelas mengenai olahraga yang ditunjukkan dengan menggemari jenis olah raga ertentu dan mulai mengorganisasikan waktu dan biaya uantuk kebutuhan olah raga yang ia gemari. Di tingkat ini Ahmad mulai membeli alat olah raga dan menentukan jadwal. Ahmad juga mulai bergubung dengan kelompok/klab olah raga tertentu.
5.  Tingkatan tertinggi dari domain sikap Karakterisasi atau Internalisasi nilai. Dalam tingkatan ini seseorang telah menjadikan sebuah system nilai menjadi bagian dari perilaku keseharian sehingga menjadi karakteri. Di tingkat ini Ahmad mulai terbiasa dengan oleh raga yang digemarinya dan sudah menjadi bagian dari kehidupan. Kalau orang lain melihat Ahmad maka akan mengatakan bahwa Ahmad selalu kelihatan bugar karena berolahraga secara rutin. Ahmad sendiri merasa kalau tidak berolah raga maka merasa ada sesuatu yang kurang pada dirinya.

8 komentar:

  1. 1. Bagai manakah cara menilai sikap dari anak - anak didik pada saat pembelajaran yang kadang-kadang aktif dalam merespon pelajaran kadang juga malas dalam mencari tau pelajaran yang akan di bahas ?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Wr Wb
    Menurut saya, mengamati dan menilai siswa dari ranah Apektif adalah yang paling kompleks. Terlebih dalam Kurikulum 2013 tidak ada indikator yang dirumuskan namun terintegrasi dalam ranah lainnya.
    Maka pertanyaan saya :
    - Bagaimana melakukan penilaian ranah apektif yang efektif dan adil bagi setiap karakter peserta didik yang berbeda-beda dalam setiap pembelajaran?
    Terima Kasih
    Wassalamu'alaikum Wr Wb

    BalasHapus
  3. 1. mohon pencerahan pak terkait ranah sikap, seperti apakah instrument yang paling tepat untuk mapel biologi?
    2. apakah seluruh kategori yang disebutkan diatas harus dinilai dalam 1 KD/ satu kali pertemuan ataukah dapat saya lanjutkan pada KD berikutnya?

    BalasHapus
  4. Karakterisasi merupakan kategori tertinggi dalam herarki sikap.Pertanyaan Saya bisakah disamakan antara karakter dengan watak ataukah watak juga termasuk bagian herarki sikap ?

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Dalam domain afektif ada kaitannya juga dengan penilaian sikap. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara efektif untuk memberikan penilaian sikap kepada masing-masing peserta didik? Dan seberapa penting adanya catatan pribadi guru?

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum...
    Punten Pak, setelah saya ikut Diklat di BDK Jakarta tahun 2017, ternyata menurut ibu Widya Iswara domain afektif sbb:
    A1. menerima
    A2. merespon
    A3. menilai
    A4. konseptualisasi
    A5. internalisasi


    yang paling benar yang mana ya...?

    Terimakasih
    Wassalam.

    BalasHapus