asip-sayurradi@yahoo.co.id

Kamis, 01 Maret 2012

KELAS ADALAH ENTITAS YANG HIDUP


Yang dimaksud dengan kelas bukanlah fisik sebuah ruangan tempat para siswa bwelajar. Yang dimaksud dengan kelas adalah segerombolan orang yang belajar dengan kurikulum yang erlatif sama. Kelas juga bukan mengenai orang-orangnya melainkan sebuah entitas kolektif dari pemelajar, fasilitator belajar, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan lainnya.

Kelas adalah sebuah entitas dinamis dimana sebuah tujuan pembealajaran dicoba untuk dicapai. Seperti sebuah organisma hidup yang memiliki komponen-komponen dengan fungsi-fungsi masing-masing yang khas. Oleh karena itu sebuah kelas adalah sebuah sistem dinamis. Ia akan berfungsi ketika sub sistem atau komponen-komponennya bekerja membentuk sebuah sinergi.

Yang lebih penting dipahami bahwa kelas memiliki sebuah roh. Roh sebuah kelas adalah pembelajaran. Yaitu sebuah proses memfasilitasi pemelajar untuk berubah ke arah positif. Roh inilah yang membuat kelas menjadi sesuatu yang hidup. Proses tersebut tentu merupakan kegiatan skaral yan harus melibatkan aspek spiritual, intelektual dan emosional dari para pelaku kelas. Tanpa substansi tersebut sebuah kelas tidak bermakna apa-apa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar